Sabtu, 10 Maret 2012

5 CATATAN HITAM KALENDER DUNIA


Saat kejadian buruk terjadi pada suatu Negara, ternyata nggak hanya mereka yang tinggal di sana yang merasakannya. Dunia pun ikut menjadi saksi dan mengingat hari hitam itu.

TRAGEDI 9/11- AMERIKA SERIKAT
Inilah salah satu tragedy yang paling tidak bias dilupakan oleh masyarakat Amerika bahkan Dunia. Serangkaian serangan terorisme terjadi pada hari Selasa, 11 September 2001. Pagi itu waktu setempat, anggota teroris berhasil membajak empat pesawat ker komersial dengan tujuan perjalanan ke San Fransisco dan Los Angles. Tepat pukul 08.46 pesawat Amerika Airlines Flight 11 menabrak Menara World Trade Center (WTC) bagian utara dan menyususl 17 menit kemudian pesawat United Airlines Flight 175
menghantam menara bagian selatan. Tidak hanya itu, dua pesawat lain yaitu Amerika Airlines Flight 77 diarahkan ke Pentagon dan meledak pada pukul 09.37, sedangkan United Airlines Flight 93 jatuh di dekat Shankville, Pennsylvania pada 10.03 yang sebenarnya sedang diarahkan ke Gedung Putih.
Tindakan terorisme yang dikutuk dunia itu, menewaskan hamper 3.000 orang, yaitu mereka yang berada di menara WTC dan sekitarnya, seluruh penumpang pesawat dari empet penerbangan yagng dibajak, dan 19 anggota teroris yang ada didalamnya juga tewas tak tersisa. Belum lagi kematian yang disebakan oleh kerusakan paru-paru karena mnghirup debu dari ledakan WTC. Orang yang paling diburu setelah kejadian itu adala Osama Bin Laden.

KERUSUHAN MEI 1998- INDONESIA
Indonesia juga tidak terlepas dari sebuah peristiwa kelam yang berhasil mengoyak sejarah. Peristiwa panas sekaligus berdarah itu terjadi pada 13-15 Mei 1998. Sehari setelah Tragedi Trisakti yang menewaskan empat mahasiswa akibat tertembak saak demonstrasi. Krisis financial yang semakin memburuk, memicu kerusuhan di beberapa tempat, khususnya di Jakarta. Emosi massa akibat kekecewaan terhadap pemerintah dan parat hokum, berdampak peruasakan asset-aset umum, seperti perusahaan, gedung perkantoran, dan toko-toko, terutama mili warga keturunan Tionghoa. Kemarahan tersebut terjad di Jakarta, Bandung, dan Solo. Selama kerusuhan, penjarahan pun merajalela, bahkan terjadi pemerkosaan masal, dan pembunuhan sadis.
Untuk mengusut kasus ini, pemerintah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), yang pada akhirnya melaporkan dugaan para pelaku dalam peristiwa Kerusuhan Mei 1998, berlatarbelakang militer yang menyeret nama-nama besar. Inilah catatan sejarah yang membawa Indonesia pada era reformasi, meskipun sampai sekarang masih belum tuntas penanganan kasusnya.

TRAGEDI 10 MARET- TIBET
Peristiwa kelam demonstrasi anti-Cina di Lhasa, ibukota Tibet ini, lebih dikenal dengan Tragedi 10 Maret oleh banyak orang penjuru dunia. Saat itu, bertepatran dengan 50 tahun pemberontakan Tibet terhadap pemerintah komunis Cina yang gagal, dan menyebabkan Dalai Lama mengasingkan diri ke India. Puncak aksi demonstrasi terjadi 14 Maret 2008. Saat itu pecahlah insiden berdarah, pembakaran took-toko dan mobil milik etnis Cina di Tibet.
Pergolakan Tibet yang ingin lepas dari RRC sebenarnya sudah terjadi selama 50 tahun, dan bergejolak lagi tahun 2008. Kebijakan para aparat keamanan RRC untuk melakukan tindakan diluar batas prikemanusiaan, menewaskan lebih dari 100 warga Tibet, dan lebih dari 300 orang serta aktivis yang terluka. Tidak hanya itu, pemerintah RRC juga menagkap tokoh-tokoh Budha, danmelakukan kekerasan terhadap para biksu. RRC justru menuduh Dalai Lama, sang peminpin pemerintahan Tibet sebagai dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi. Tentu saja, tokoh perdamaian itu membantah, dan menyatakan akan mundur dari pemerintahan Tibet kalau kerusuhan smakin memburuk.

BLACK TUESDAY- AMERIKA SERIKAT
Sempat mendengar anjloknya pasar bursa di Amerika kan? Ya, memang beberapa waktu yang lalu, New York Stock Exchange di Wall Street, Manhattan, yang menjadi pusat bursa saham dunia, mengalami keanjlokan. Beberapa menyebut peristiwa ini sebagai Black Tuesday. Tapi sebenarnya, Black Tuesday ini adalah hari puncak jatuhnya saham Amerika yang membuat panic dunia, dan terjadi pada 29 Oktober 1929. Peristiwa kehancuran ini dikenal dngan The Wall Street Crash of 1929, peristiwa kehancuran bursa yang paling besar dalam sejarah Amerika. Peristiwa ini juga yang menjadi titik awal terjadi Great Depression, peristiwa menurunnya tingkat ekonomi (secara dramatis) di seluruh dunia.

KONFLIK BANGKOK 12 MARET 2010-THAILAND
Konflik di Thailang ini bermula saat para massa kaos merah yang pro mantan PM Thaksin Shinawatra, berdemonstrasi di Bangkok sejak 12 Maret 2010. Mereka menuntut agar pemerintahan PM Abhisit Vejjajiva dibubarka arena dinilai tidak sah. Aksi demo berubah menjasikonflik antar massa Kaos Merah dengan pihak militer. Parat militer memperingatkan para pendemo untuk membubarkan diri, tapi mereka menolak dan memilih bertahan di lokasi yang mereka duduki. Hampir 40 orang tewas dan ribuan orang terluka akibat konflik politik yang berlangsung selama beberapa hari.

0 komentar:

Posting Komentar